Apa itu Framework PHP? - Reviewer Gadget Dan Teknologi Terbaru

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Apa itu Framework PHP?

Apa itu Framework PHP?

Share This
Framework adalah kerangka kerja. Framework juga dapat diartikan sebagai kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman seperti koneksi ke database, pemanggilan variabel, file,dll sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangunaplikasi.Bisa juga dikatakan Framework adalah komponen pemrorgaman yang siap re-use kapansaja, sehingga programmer tidak harus membuat skrip yang sama untuk tugas yang sama.Misalkan saat anda membuat aplikasi web berbasis ajax yang setiap kali harus melakukan XMLHttpRequest, maka Xajax telah mempurmudahnya untuk anda dengan menciptakan sebuah objek khusus yang siap digunakan untuk operasi Ajax berbasis PHP. Itu adalah salah satu contoh kecil, selebihnya Framework jauh lebih luas dari itu.
Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa framework adalah kumpulan fungsi (libraries),maka seorang programmer tidak perlu lagi membuat fungsi-fungsi (biasanya disebut kumpulanlibrary) dari awal, programmer tinggal memanggil kumpulan library atau fungsi yang sudah adadidalam framerwork, tentunya cara menggunakan fungsi-fungsi itu sudah ditentukan olehframework. Beberapa contoh fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, manipulasigambar, grafik, tabel bergaya zebra, validasi, upload, captcha, proteksi terhadap XSS(XSSfiltering), template, kompresi, XML dan lain-lain.
Macam-macam framework
1.Framework PHP

• CakePHP
• Code Igniter (CI)
• Symphony
• Zend
• Yii
• Kohana
2. Framework Javascript

• JQuery
• Mootools
3. Framework Ruby
• Ruby on Rails (ROR)

Saat ini banyak sekali framework berbasis PHP, diantaranya yang paling populer adalah Zend Framework, Symphony, Prado, CakePHP, CodeIgniter dan lain-lain. Menurut beberapa survei, CodeIgniter adalah framework yang paling mudah dipelajari,karena keserhanaan strukturnya dan kelengkapan dokumentasinya yang baik. Selain itu, kerapiankode (clean and healthy code) dan ukurannya yang ramping membuatnya lebih cepat diaksesdibandingkan dengan framework lainya.Perlu diketahui nyaris (bahkan mungkin semua) framework menggunakan konsep yangsama dalam membangun suatu aplikasi, yaitu konsep MVC (Model View Controller).Kesimpulannya, kalau kita memahami MVC, maka secara garis besar kigta sudah menguasaiframework, apapun jenis frameworknya. Dan satu lagi kuncinya, pemahaman terhadap OOP (Object Oriented Programming)akan sangat membantu dalam menguasai framework.

Sebenarnya hal ini sudah sering di ulang-ulang, tapi karena ranking bersifat dinamis, pastinyasetiap bulan urutan kepopulerannya selalu berbeda, sehingga penulis rasa hal ini perlu dikabarilagi. Budaya penghargaan dan pemberian ranking pun terjadi pada Framework PHP yang kinisemakin populer digunakan, beberapa bulan lalu, ci (code Igniter) selalu nongkrong di posisiteratas, menjadi nomer satu paling banyak digunakan para programmer dunia. Namun, selang beberapa bulan, yii muda, yang ide awalnya mengambil dari prado, meski baru lahir, mampu menumbangkan kompetitor yang sudah ada sebelumnya. Perlu diketahui Framework PHP yang menganut konsep MVC (model, view, controller)menjadikan pembuatan aplikasi berskala besar menjadi lebih cepat, dan mudah. Seorangdesigner tidak perlu lagi merepotkan urusan koding PHP, begitu juga seorang programmer, tidak perlu memikirkan masalah design interface. Benar-benar Framework PHP ini sangat memudahkan.Sampai saat artikel ini ditulis.

10 Framework PHP Terbaik yang populer saat ini :
1. yii
2. Codeigniter
3. CakePHP
4. Zend
5. Symfony
6. PHP Dev Shell
7. Prado
8. Akelos
9. QPHP
10. ZooP

Manfaat Framework
• Manfaatnya dapat membantu kerja developer dalam membangun aplikasi sehingga aplikasi bisa selesai dalam waktu yang singkat.
• Penerapan Design Patterns memudahkan dalam rancangan, pengembangan dan pemeliharaansistem.
• Stability dan Reliability aplikasi yang kita bangun lebih stabil dan handal karena berbasispada framework yang sudah teruji stabilitas dan kehandalannya.
• Coding Style konsisten, memudahkan dalam membaca kode dan dalam menemukan bugs
• Security Concern framework mengantisipasi dan memasang perisai terhadap adanya berbagaimasalah keamanan yang mungkin timbul.
• Dokumentasi, framework dapat mendisiplinkan kita untuk menulis dokumentasi untuk apayang kita tulis

Contoh:
Di dalam Framework tersedia library “Pagination“ misalnya, yang mana dalam class tersebutterdapat fungsi yang memberikan nilai balik(return) link ke halaman berikutnya, sebelumnya,awal, akir dll. nah dalam pengembangan system kita bisa menggunakan class Pagination iniuntuk semua proses yang membutuhkan adanya Pagination. ini adalah sebagian kecil dari contoh library yang di sediakan oleh framework.
Namun framework sendiri kelebihan utamanya bukan dari seberapa banyak library yang disediakan, meski hal itu tentunya akan sangat membantu proses development. Kelebihan yangbisa kita ambil dari framework adalah kerangka kerja dari framework tersebut dalammenyelesaikan modul-modul yang dikembangkan sehinga mengeluarkan sebuah metodepekerjaan yang lebih effisien, lebih rapi, lebih bersifat general, dan lebih homogen.

Kelebihan dari Framework
Pertama kelebihan dengan adanya framework akan lebih mempermudah memahamimekanisme kerja dari sebuah aplikasi. Ini tentunya akan sangat membantu proses pengembangansystem yang dilakukan secara team. Semua anggota di wajibkan untuk memahami dari pola kerjaframework tersebut selebihnya anggota team hanya mempelajari proses bisnis yang di kehendakioleh system untuk kemudian di tuangkan kedalam framework tersebut. Dalam artian setiap orangharus mempunyai metode yang sama dalam menyelesaikan applikasi tersebut.
Kedua dengan memakai framework akan menghemat waktu pengerjaan suatu applikasi,karena setiap anggota sudah memiliki sebuah acuan dalam menyelesaikan modul. Dalam hal inimisalnya semakin banyak library yang ada semakin mempercepat anggota untuk menemukansolusi karena tidak setiap anggota harus membuat Class atau fungsi untuk kasus yang relatif sama.
Berikutnya Team tidak akan di susahkan dengan adanya perputaran anggota dalam artianjika ada anggota yang tidak bisa melanjutkan lagi pekerjaannya anggota yang lain bisa meng-cover kekosongan tersebut. Bayangkan jika setiap modul yang dikembangkan mempunyai logikayang berbeda tentunya akan memakan waktu yang banyak untuk proses pemahan akan system tersebut.

Kesekian-kalinya dengan adanya framework akan menjaga integritas dari modul-modulyang dikembangkan. Tentunya hal ini juga tergantung dari metode yang dikembangkan sendiri.framework hanya membantu dan memungkinkan/mempermudah proses integrasi, tidak berartidengan adanya framework system otomatis akan ter-integrasi. Dan masih ada kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki oleh framework.

Kekurangan Framework
• Para programmer mungkin akan menemukan batasan-batasan ketika merancang aplikasimenggunakan framework.
• Kemungkinan akan menambah biaya development apabila framework yg digunakan kurangterdokumentasi dan kurang di support
• Performa dan kecepatan eksekusi

Kesimpulan :
Dengan adanya framework akan sangat membantu proses penyelesaian pekerjaandidukung oleh analisa sistem yang baik dan pertimbangan sumberdaya yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages